Berlibur ke Bandung sudah jadi pilihan, khususnya bagi masyarakat Jabodetabek. Alasannya karena jarak yang tak terlalu jauh, serta kawasan ini pun punya banyak sekali pilihan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata air, wisata buatan, hingga wisata kuliner legendaris.

Siapa yang ingin liburan di Bandung lagi? Buat kalian yang ingin liburan di Bandung, sekarang enggak perlu pusing lagi mau pergi ke mana selama di Bandung karena kamu bisa mengikuti itinerary Bandung yang sudah disusun oleh My Travel Trip.

Bandung punya banyak banget hal menarik yang bikin liburan ke ibukota Jawa Barat ini enggak bisa dilakukan sekali tapi harus berkali-kali. Tapi dengan itinerary Lembang Bandung oleh My Travel Trip ini, bisa dipastikan kamu akan mengeksplor hal-hal terbaik dari Bandung dalam 3 hari dan 2 malam saja.

Hari Pertama: Liburan ke Bandung

sarapan di Dago Bakery
Dago Bakery – Images Src: dolanyok.com

Jika kamu memutuskan naik kendaraan pribadi,disarankan untuk berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan dijalan dan bisa sampai di Bandung pagi hari. Kamu bisa melalui Jalan Tol Cikampek dan Cipularang. Lalu keluar gerbang tol Pasteur. Dari gerbang tol kamu bisa memacu kendaraan ke arah Lembang melalui Jalan Ciumbuleuit.

Jika tak sempat mengisi perut sebelum berangkat, kamu bisa sarapan di Dago Bakery Punclut. Tempat ini menyajikan aneka roti dan juga makanan ringan hingga berat lainnya. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Gerbang Tol Pasteur.

Tempat ini punya gaya yang estetik dan unik, dengan nuansa khas Eropa melalui bentuk bangunannya yang menyerupai kastil. Dago Bakery Punclut terletak di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini buka Senin–Jumat pukul 09.30–20.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00–21.00 WIB.

Wisata ke Lembang Park & Zoo
Lembang Park&Zoo – Img Src: ayobandung.com

Setelah selesai menikmati sarapan, kamu bisa berkunjung ke Lembang Park & Zoo Lelah bermain, kamu bisa ajak anak-anak ke Lembang Park & Zoo.

Kamu bisa menemukan beragam satwa yang berjumlah sekitar 350 ekor. Mulai dari unggas, mamalia, primata, hingga reptil. Di sana juga terdapat kafe kekinian yakni Neko Cat Café di mana kamu bisa bermain bersama kucing-kucing lucu, serta Quaqqa Green Café dengan nuansa tumbuhan hijaunya. Kamu bisa bersantai sekaligus mengisi perut.

Bisa Nobar di Bukit Tempat ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171 dan buka Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 18.00 WIB. Harga tiketnya yakni Rp 40.000 untuk Senin – Jumat.

Sementara untuk akhir pekan dan tanggal merah, hari besar, serta cuti bersama Rp 50.000. Harga tiket tersebut hanya tiket masuk saja. Kamu harus membayar lagi untuk beberapa wahana. Seperti Big Bird Aviary Rp 20.000, Rabbit House Rp 15.000, Rabbit Garden Rp 10.000, Neko Cat Café Rp 20.000, Pony Ride Rp 25.000.

Mampir Makan Siang di Rumah Makan Imah Seniman
Imah Seniman – Img Src: tripadvisor.co.id

Enggak lengkap rasanya kalau enggak menikmati makan siang di rumah makan Imah Seniman. Kalau kamu ingin merasakan makan di tengah hutan Lembang, Imah Seniman bisa kamu jadikan pilihan. Saat memasuki kawasan restoran, kamu akan serasa memasuki dunia lain.

Gubuk bambu digunakan sebagai tempat makan berada di pinggiran danau. Menikmati makanan Sunda jadi makin semangat, deh. Kalau mau menginap, ada pula penginapan yang berada di dekat danau. Lokasi berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 8, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Wisata Rumah Belanda
Rumah Belanda – Img Src: wasunda.com

Sesuai dengan namanya, tempat wisata Lembang ini mengusung konsep negeri kincir angin Belanda. Ada rumah khas Belanda, sepatu tradisional Belanda, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan Belanda.

Tidak hanya itu saja, di sini kamu juga bisa menyewa kostum tradisional Belanda untuk berfoto-foto dengan latar belakang Kota Belanda. Ada juga kafe yang menyediakan aneka menu khas Belanda seperti risoles, pumpkin soup, kroket, bitter ballen, apple pie, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata ini letaknya di kawasan Maribaya, Lembang, Bandung. Untuk masuk ke tempat wisata ini, cukup membayar uang tiket sebesar Rp25.000.

Moscato Hotel & Cafe
Moscato Hotel – Img Src: tripadvisor.co.id

Setelah berwisata dari berbagai tempat, disarankan untuk langsung menuju hotel untuk beristirahat. Jika mencari penginapan dengan bangunan yang fotogenik, kamu bisa mengunjungi Moscato Hotel, sebuah tempat penginapan yang memiliki desain artistik dan cukup banyak spot yang instagenic.

Cafenya pun menyajikan kopi yang nikmat dan makanan enak. Kamar cukup luas dan bersih dengan fasilitas TV dan WIFI. Saatnya beristirahat dan mengumpulkan tenaga untuk hari kedua nanti.

Hari Kedua: Liburan ke Bandung

Wisata The Great Asia Africa
The Great Asia Africa – Img Src: kaltim.tribunnews.com

Setelah sarapan di hotel, langsung pergi ke The Great Asia Africa. The Great Asia Africa merupakan theme park terbesar di Bandung. Daya tarik tempat wisata ini adalah keindahan arsitektur dan budaya dari negara-negara di Asia dan Afrika. Jadi buat kamu yang ingin keliling dunia, gak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup mengunjungi The Great Asia Afrika di Lembang.

Selain terkenal dengan wisata kekinian, The Great Asia Africa juga bisa menjadi pilihan wisata alam. Memiliki area yang luas, kontur tanah yang berbeda, dan pesona alam hijau di sekitarnya. Ditambah udaranya yang sejuk dan jauh dari pusat kota.

Selain itu, The Great Asia Africa juga bisa menjadi destinasi wisata keluarga. Cocok untuk semua usia. Bahkan, tersedia fasilitas khusus untuk lansia.

Daya tarik lain dari The Great Asia Africa adalah sarat akan nilai edukasi dengan konsep yang menyenangkan. Kamu bisa mempelajari budaya Asia dan Afrika melalui arsitektur bangunan yang ada di sana.

Tentunya, banyak spot dan wahana yang tersedia di The Great Asia Africa, antara lain area Indonesia, Korea, Jepang, Afrika, India, Timur Tengah, hingga Thailand. Kamu bisa memiliki stok foto dengan latar belakang yang bervariasi di sini.

Kulineran di Floating Market
Floating Market – Img Src: bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com

Floating Market adalah kawasan kuliner yang terkenal di Kota Lembang Bandung. Tempat wisata terbuka yang masih eksis hingga saat ini dengan penambahan beberapa wahana seperti miniatur bangunan kota layaknya di luar negeri.

Kuliner yang di jual mulai dari batagor, rujak, hingga ronde jahe dan kebab, Anda dapat menemukan aneka jajanan menggiurkan untuk memuaskan nafsu makan. Selain itu ada berbagai wahana seperti wahana air di danau dan Rainbow Garden dengan spot-spot foto yang cantik. Anda bisa juga menyewa kimono di sewa kostum Kyotoku untuk berfoto seolah sedang berada di Negeri Sakura. Bagi wanita yang memakai hijab, tersedia pula Hijab Swimming Pool yang dikelilingi pemandangan alam Lembang yang indah mempesona.

Selain berbelanja, di sini Anda juga dapat mencoba beragam aktivitas menarik lainnya untuk segala usia.

Nobar di Tenda di bawah Bintang
Tenda Dibawah Bintang – Img Src: travel.kompas.com

Sore ke malam, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Tenda Dibawah Bintang. Tempat ini terletak di Sky Garden, The Green Forest Resort, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong dan buka Selasa – Minggu pukul 16.00 – 21.00 WIB.

Tempat ini merupakan sebuah bioskop outdoor di mana para pengunjung bisa menonton film menggunakan tenda yang Instagramable. Sebelum datang, kamu bisa melakukan reservasi lebih dulu melalui akun Instagram @tendadibawahbintang.

Di sana juga terdapat jadwal film-film yang akan ditayangkan setiap harinya. Dengan harga Rp 98.000 per orang, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas berupa selimut, bantal, hand sanitizer, disinfektan, snack, dan juga minuman. Untuk anak di bawah 12 tahun, bisa masuk dengan gratis.

Hari ketiga: Liburan ke Bandung

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya – Img Src: travel.detik.com

The Lodge Maribaya adalah salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan saat mengunjungi Lembang, Bandung.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai hal pada pengunjung. Disini kita bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner.

Pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah karena terdapat hutan pinus yang hijau. Disini juga menyediakan beberapa spot foto yang keren, untuk foto perlu bayar Rp.10.000. Harga tikket masuk perorang Rp. 50.000. Walaupun sedikit mahal sih tetapi puas dengan pemandangan alam dan wahananya.

Dusun Bambu
Dusun Bambu – Img Src: regional.kompas.com

Jalan-jalan ke Dusun Bambu Lembang untuk menikmati pemandangan sembari kuliner di restonya sungguh sebuah kegiatan yang menyenangkan. Istilahnya yaitu untuk healing sangat tepat. Menikmati udara segar dengan pemandangan yang indah.

Tempat yang nyaman untuk liburan bersama keluarga. Untuk masuk tempat ini gratis hanya dikenakan biaya Rp 25.000 saja per kendaraan.

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 20.00 untuk restonya dengan menyajikan kuliner khas Indonesia dan Western.

Mercusuar Cafe & Resto di Bandung
Mercusuar Cafe & Resto – Img Src: travel.kompas.com

Jika kamu ingin melihat pemandangan yang indah dan banyak spot untuk berfoto-foto, Mercusuar Cafe & Resto sangat cocok untuk kamu.

Mercusuar merupakan salah satu bangunan yang kerap dijadikan spot foto oleh wisatawan. Selain karena bangunannya yang unik, kamu juga bisa mendapatkan tempat foto yang Instagramable.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here